Wednesday 26 March 2014

Apa itu Alergi

Alergi
Suatu keadaan dimana orang menjadi sangat rentang terhadap bahan/senyawa yang bagi orang lain tidak menimbulkan ganguan.Keadaan ini biasanya cenderung terdapat factor keturunan.Suatu reaksi alergi biasanya timbul setelah beberapa kali terpapar dengan allergen ( bahan/senyawa penyebab alergi ).beberapa kasus akan sembuh setelah beberapa tahun.Kasus lain mungkin dapat seumur hidup.

a.    Gejala-gejala
Tergantung kepada bagian tubuh mana yang terserang,misalnya :
·         Mata merah,bengkak,dan berair.
·         Hidung mengeluarkan banyak lendir,bersin.
·         Jalan nafas mengeluarkan lendir,batuk sesak nafas ,nafas berbunyi.
·      Lambung /usus halus lebih aktif gerakannya ( hiperistaltik) yang menyebabkan diare dan ganguan pencernaan lainnya.
·         Persendian sakit,kemerahan,bengkak.
·         Kulit bercak merah atau timbul biduran di sertai rasa gatal,biduran.
b.    Komplikasi
Renjatan anafilaktik adalah reaksi yang berat yang menyebabkan gagalnya sistim sirkulasi sehingga menimbulkan gejala shock dan kematian.
c.    Penyebab
Mekanisme pertahanan tubuh bereaksi secara berlebihan dan mengeluarkan histamin,suatu senyawa kimia yang menyebabkan timbulnya gejala.reaksi timbul apabila alergen tersebut di hisab,dimakan,disentuh,atau di suntikan.jenis alergen yang umum adalah debu, serbuk bunga, asap rokok, udang, cumi-cumi, kosmetik,cat rambut,perhiasan berlapis logam tembaga dan obat-obatan.
d.    Yang dapat Anda lakukan
·         Alergi yang ringan akan sembuh dengan sendirinya dalam 2-3 hari etelah tidak terpapar lagi dengan alergen.
·         Oleskan krem anti –histamin atau bedak dingin calamine pada kulit yang gatal.tetapi bebrapa kasus hal ini akan memperberat iritasi alergi.
·         Boleh minum anti-histamin sesuai dengan takaran,hati-hatilah sebab anti-histamin menyebabkan rasa mengantuk.jangan mengendarai mobil atau menjalankan mesin berat selama minum anti-histamin.
·  Periksa dokter apabila terdapat gejala sesak nafas atau bila gejala menetap lebih dari 3 hari.
·   Segera ke unit gawat darurat di rumah sakit terdekat apabila terdapat gejala-gejalan rentan anafilaktik seperti pucat,keringat dingin,kulit lembab,nafas cepat,denyut nadi cepat,mengantuk atau pingsan.
e.    Tindakan dokter untuk Anda
·         Memberikan resep anti-histamin kuat dan steroid ( obat anti radang )
·         Melakukan tes kulit untuk menentukan bahan-bahan penyebab alergi ( tes ini membutuhkan waktu yang lama dan tidak selalu berhasil )
·         Memberikan suntikan desensitisasi selama beberapa tahun bagi alergen yang di temukan ( beberapa dokter berpendapat desensitisasi itu sendiri tidak bermanfaat di samping juga masih banyak dapat menyebabkan renjatan anafilaktik).
f.     Pencegahan
·    Usahakan untuk menemukan dan menghindari bahan-bahan penyebab alergen.
·    Apa bila anda mempunyai alergen terhadap suatu obat,pakailah selalu gelang tangan di mana tercantum nama obat penyebab alergei dan beberapa informasi medis.Tindakan ini akan mencegah orang lain memberikan obat yang sama pada waktu anda tidak sadarkan diri atau pingsan.

·   Apabila anda mempunyai reaksi alergi yang berat lainnya,beritahukan kepada naggota keluarga yang lain,dokter Anda(dan ahli kandungan)/dokter gigi pada setiap konsultasi dan ahli farmasi setiap anda membeli obat.